Selasa, 22 Mei 2012

PTNNT-Pemda KSB Rehabilitasi Terumbu Karang




 
Sumbawa Barat - Untuk membantu meningkatkan populasi terumbu karang, PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menempatkan 150 buah terumbu karang buatan di perairan Gili Kenawa, Kecamatan Tano, KSB, Selasa (6/7).

"Penempatan terumbu karang buatan yang telah kami lakukan di perairan sekitar Batu Hijau telah terbukti berhasil memulihkan kondisi terumbu karang karena binatang karang dengan cepat tumbuh di terumbu buatan ini. Karena kami bekerjasama dengan Pemkab Sumbawa Barat melakukan penempatan terumbu karang buatan di Gili Kenawa sebagai bagian dari program pemerintah untuk menjadikan Gili Kenawa sebagai tempat wisata laut dan pusat penelitian kelautan," kata Manager Senior Hubungan Eksternal PTNNT, Arif Perdanakusumah.

Arif menjelaskan, ekosistem terumbu karang sangat penting bagi kehidupan masyarakat baik secara ekonomis maupun lingkungan. Secara ekonomis terumbu karang menjadi tempat berkembangbiak dan hidup berbagai jenis ikan dan biota laut sebagai sumber protein bagi manusia. "Dari sisi lingkungan, terumbu karang ini juga akan berfungsi sebagai pelindung daerah pesisir dari abrasi pantai akibat ombak," tambah Arif.

Menurut Arif, PTNNT sebelumnya telah menempatkan lebih 1000 terumbu karang buatan yang disebut reef ball di perairan Benete, Kecamatan Maluk dan perairan Lawar, Kecamatan Sekongkang. Dalam kesempatan yang sama PTNNT dan Pemkab Sumbawa Barat juga menanam pohon penyejuk dan melepaskan ratusan anak penyu atau tukik di Gili Kenawa. Kegiatan rehabilitasi lingkungan kami lakukan tidak saja di kawasan tambang namun juga di masyarakat. Ini sejalan dengan nilai yang dianut yakni menjadi yang terdepan di bidang perlindungan lingkungan.

PTNNT mengoperasikan tambang tembaga dan emas Batu Hijau sejak 2000. Selama sepuluh tahun operasinya, PTNNT telah meraih banyak penghargaan di bidang lingkungan hidup termasuk predikat PROPER Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dalam tiga periode secara berturut-turut. Baru-baru ini PTNNT juga memperoleh Tambang Award kategori perusahaan dengan kinerja lingkungan terbaik dalam industri pertambangan Indonesia. *****

Informasi lebih lanjut tentang reef ball dapat diperoleh di www.reefball.org

source: 
http://www.newmont.co.id/ID/media_center_detail.cfm?id=191&type=1&lang=id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar