Selasa, 22 Mei 2012

Keindahan Bawah Laut Pulau Kenawa – Sumbawa Barat


Tenang, dan damai. Itulah kesan pertama ketika anda menginjakkan kaki di pulau Kenawa. Tidak ada kicauan burung bernyanyi, suara gelombang juga tidak besar. Hanya sesekali suara riak kecil di pantai


Tenang, dan damai. Itulah kesan pertama ketika anda menginjakkan kaki di pulau Kenawa. Tidak ada kicauan burung bernyanyi, suara gelombang juga tidak besar. Hanya sesekali suara riak kecil di pantai. Sejauh mata memandang, hanya ada hamparan padang rumput, sejumlah bale (gazebo), dan sebuah bukit kecil di ujung pulau. Ini benar-benar tempat yang sempurna untuk mencari ketenangan.
Pulau Kenawa terletak di barat laut Pulau Sumbawa, tepatnya di Selat Alas, tidak jauh dari pelabuhan penyeberangan Poto Tano, Sumbawa Barat.
Untuk mencapai pulau Kenawa, pengunjung dapat menyewa perahu nelayan dari Desa Poto Tano, dengan memakan waktu kurang lebih 15 menit.
Pulau Kenawa menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Kombinasi perbukitan alami, padang rumput (savana), hamparan pantai berpasir putih dan air laut berwarna biru gradasi hijau, menjadikan pulau Kenawa begitu indah dan mengesankan.
Pulau dengan luas area sekitar 13,8 hektar ini adalah pulau tak berpenghuni dan belum banyak dikunjungi oleh wisatawan, sehingga sangat tenang. Ini benar-benar seperti sebuah pulau pribadi. Untuk penggemar fotografi, Pulau Kenawa adalah surganya. Setiap sudut pulau ini begitu menarik. Bukit-bukit kecil, padang rumput luas, dan pantai berpasir putih adalah beberapa objek foto yang harus diabadikan saat berkunjung ke Pulau Kenawa. Untuk mendapatkan panorama yang lebih menawan, anda dapat naik ke sebuah menara yang tidak jauh dari dermaga. Namun, harus ekstra hati-hati, sebab anak tangga di menara ini rusak.
Kehidupan laut yang spektakuler dengan kedalaman laut yang hanya mencapai satu sampai dua meter serta kristal air laut yang tampak jelas di sekitar pulau Kenawa, menjadi alasan mengapa banyak pengunjung yang melakukan aktifitas snorkeling. Untuk bisa snorkeling di pulau Kenawa, anda harus membawa perlengkapan dari rumah, karena disekitar pulau tidak terdapat tempat penyewaan peralatan snorkling. snorkeling di laut dengan
Dengan snorkeling, anda dapat menyaksikan berbagai terumbu karang yang indah berwarna-warni, baik karang keras ataupun karang lunak.
Kehidupan laut yang spektakuler dengan kedalaman laut yang hanya mencapai satu sampai dua meter serta kristal air laut yang tampak jelas di sekitar pulau Kenawa, menjadi alasan mengapa banyak pengunjung yang melakukan aktifitas snorkeling.
Selain itu berbagai jenis anemon juga tersebar di bawah air pulau Kenawa, mulai dari karang meja (Acropora sp.), karang Brain (Diploria labyrinthiformis), karang kubis (Montipora sp.). Tak hanya itu, ratusan jenis ikan dari segala bentuk dan ukuran serta bintang laut biru (Linckia laevigata) juga hilir mudik mewarnai bawah laut Pulau Kenawa.
Tidak puas menjelajahi bawah laut Pulau Kenawa dengan snorkling, para pengunjung dapat menikmati seluruh pemandangan Pulau Kenawa dari puncak bukit yang berada tak jauh dari pulau ini. Panorama dari sini mampu membuat anda takjub akan keindahan yang luar biasa dari pulau Kenawa. Matahari bersinar cerah dan tidak adanya pohon besar yang tumbuh di pulau itu membuat cuaca sangat panas.

Akses

Untuk mencapai pulau Kenawa, terlebih dahulu Anda harus terbang ke Mataram, ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Dari Mataram, perjalanan dilanjutkan ke Pelabuhan Surga, Lombok Timur dengan waktu sekitar dua jam. Anda dapat naik angkutan umum atau menyewa mobil dari Mataram ke Pelabuhan Surga. Selanjutnya anda bisa naik feri ke Pelabuhan Poto Tano, Sumbawa dalam waktu dua jam. Dari Pelabuhan Poto Tano, Anda bisa naik ojek atau berjalan ke Desa Poto Tano atau dengan menyewa perahu nelayan setempat. Perjalanan dari Desa Poto Tano Kenawa pulau ini hanya sekitar 15 menit.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar